News Letter

APPLE JAJAKI KEMUNGKINAN UBAH IPHONE & IPAD JADI LAPTOP

APPLE JAJAKI KEMUNGKINAN UBAH IPHONE & IPAD JADI LAPTOP

Banyak pihak yang meyakini kalau perusahaan seperti Apple dan Google bakal segera mengikuti langkah Microsoft dalam mengintegrasikan layanan desktop dan mobile mereka ke dalam 1 wadah seperti halnya Windows 10. Sayangnya sampai saat ini kedua pihak tersebut dengan jelas menegaskan kalau platform desktop dan mobile mereka bakal tetap beroperasi secara terpisah.


Sekalipun menegaskan kalau iOS dan macOS bakal tetap independen, namun Apple telah menambahkan fitur andalan dari masing-masing ke platform untuk dihadirkan ke platform lainnya. Apple mengatakan kalau hal tersebut ditempuh demi memudahkan para pelanggannya, mengingat banyak pengguna iPhone yang juga memiliki iMac atau MacBook.


 

Namun itu bukan berarti bahwa Apple benar-benar tertutup dengan gagasan untuk menyatukan iOS dan macOS, karena sebuah bocoran aplikasi paten baru malah memperlihatkan sebuah ide yang lebih liar ketimbang penambahan fitur layar sentuh TouchBar di MacBook Pro edisi tahun lalu.


Aplikasi paten tersebut memperlihatkan sebuah gagasan sebuah MacBook yang memiliki docking khusus yang bisa dipasangi sebuah iPhone. Posisi docking tersebut terletak di bagian trackpad MacBook, dan nantinya bakal menjadi dapur pacu bagi laptop tersebut, sementara iPhone yang terpasang bakal berubah fungsi menjadi touchpad. Laptop tadi cuma berisi layar serta baterai saja; mirip seperti LapDock dari Hewlett Packard atau Asus PadFone (*walaupun cuma berubah fungsi dari smartphone menjadi tablet).



Paten lainnya memperlihatkan kemampuan serupa dari iPad; bedanya, jika konsep pertama menjadikan iPhone sebagai dapur pacu dan touchpad, konsep ke-2 menjadikan iPad sebagai kontributor untuk bagian layar, sementara bodi laptop cuma menyediakan keyboard dan trackpad. Mirip seperti konsep pertama, iPad tadi juga bakal menjadi dapur pacu bagi laptop, tentunya dengan spesifikasi yang lebih unggul ketimbang iPhone.


Seperti biasa, sejauh ini aplikasi paten tersebut masih sebatas didaftarkan saja oleh Apple, dan tak ada jaminan kalau Apple bakal merealisasikannya; setidaknya dalam waktu dekat.


Source : http://www.gopego.com