Corporate Social Responsibility

Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Kebakaran Digelar Kembali di Millennium ICT Center

Simulasi Evakuasi Gempa Bumi dan Kebakaran Digelar Kembali di Millennium ICT Center

Millennium ICT Center menggelar kembali simulasi evakuasi kebakaran dan gempa bumi di gedung Millennium ICT Center, Senin (13/4/2017). Simulasi itu ditujukan mengantispasi terjadinya bencana yang berdampak pada keamanan pengunjung & karyawan Millennium ICT Center.


Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Millennium ICT Center. Jl. Kapten Muslim No. 111 Medan. Yang disaksikan oleh Bapak Drs. Herri Zulkarnain, M.Si selaku Regional Business Development Sumatera Alfaland Group didampingi oleh Operational Manager Herbert Sinurat, Marketing Manager Machruzar, Building Service Manager S. Sumargo, HRD & GA Manager Ferry D. Pardede. Accounting Manager Bobby Fachriandri, Food Court Manager Raymond Frederik dan Loyalty & Program Manager Daniel Hutajulu.



Simulasi tersebut diikuti oleh 150 karyawan mulai dari Karyawan, Satpam, Cleaning Service dan Juru Parkir.
Menurut Herri Zulkarnain, Millennium ICT Center menggelar kembali simulasi kebakaran & gempa bumi yang dilakukan secara rutin guna menciptakan rasa nyaman bagi pedagang atau stakeholder di Millennium ICT Center ini. Dengan memastikan seluruh fasilitas keamanan dapat berfungsi dengan baik seperti alat pemadam api ringan (APAR) baik jenis, kualitas, jumlah maupun penempatannya di setiap lantai, pintu tangga darurat yang kedap api dan asap hydrant di halaman depan atau belakang bangunan, sprinkler, detector asap atau panas untuk early warning system adanya bahaya kebakaran, detektor tersebut akan memicu sirene pertanda ada panas atau asap yang kemungkinan berasal dari kebakaran di gedung.


Skenarionya yakni terjadi kebakaran di lantai III. Kemudian pihak petugas mengumumkan agar pengunjung & karyawan berlari ke jalur evakuasi. Lalu Tim pemadam kebakaran datang, sementara tim petugas menolong para korban, kata Heri.


Di saat tim pemadam kebakaran bekerja memadamkan api, tim relawan terlihat berlari masuk ke dalam gedung dengan membawa tandu. Sesaat kemudian, beberapa korban yang terjebak di dalam gedung dibawa menggunakan tandu ke luar ruangan untuk diarahkan ke titik berkumpul di satu tempat yang disebut Asssembly Point, tempat berkumpul berada dipelataran parkir utama Millennium ICT Center agar aman dari kobaran api. Sementara itu, ada beberapa tempat kejadian ada kasus pencurian yang telah diamankan oleh petugas. Tambah Herri


Team Evakuasi kemudian menyisir lokasi dan ditemukan sejumlah korban dengan berbagai luka akibat bencana tersebut, Korban di tempat pada tempat yang aman dan diberikan Pertolongan Pertama (P3K), setelah di lakukan penanganan pertama kemudian menghubungi rumah sakit terdekat guna penanganan medis lanjutan, kata Herbert.


Hal ini tidak berharap bencana gempa bumi dan kebakaran ini benar-benar terjadi. Namun agar semua pihak harus siap. Kami ingin simulasi ini reguler dilakukan setidaknya 6 bulan sekali, agar semua pengunjung saat bencana tidak panik, tambah Herbert.